Blog Buat Anakku

Sesungguhnya blog ini aku buat khusus untuk anakku yang telah mengisi hari-hariku sejak 22 Mei 2007 yang lalu. Ya, itu adalah hari lahir anakku yang sampai sekarang (postingan ini dibuat) kurang lebih berusia 1 tahun 7 bulan.
Selama itu pula pengalaman sebagai orang tua aku rasakan, sebelumnya aku hanya ngebayangin kalau punya anak akan bermain, bercanda selain tentu saja mengganti popoknya, memandikannya pokoknya serba menyenangkan.
Itu pula mengapa aku menyimpan artikel tentang masa kehamilan dan pertumbuhan janin karena saking inginnya mendapatkan bayi yang sehat, lucu, cerdas, dan menggemaskan. Untuk tujuan itu selain selain memeriksakan kandungan secara rutin juga menstimulasi pertumbuhan otak bayi.

Pada usia kurang lebih 3 bulan, kandungan istriku mengalami flek. Ini yang harus diperhatikan pasangan muda/baru yang belum berpengalaman. Tapi berkat keputusan Allah SWT, lewat perawatan dokter fleknya sembuh dan akhirnya bayiku lahir dengan selamat.

Setelah lahir, ternyata ada hal lain yang sebelumnya belum kepikiran. Yaitu anakku sering sakit-sakitan bahkan kalau dihitung sampai umur 1 tahun 7 bulan ini anakku sudah dirawat inap di Rumah Sakit sebanyak 9 kali dan tiap dirawat inap paling sedikit 4 hari. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya orang yang kita sayangi terbaring sakit tak berdaya di Rumah Sakit tanpa kita bisa melakukan apapun untuk mengurangi/menghilangkan sakit itu.

Uh, betapa stres berat saat itu, yang paling aku ingat ada tiga kali ketika anakku dirawat. Yaitu saat pertama kali dirawat yaitu sekitar umur 6 bulan yang waktu itu dirawat di Rumah Sakit Budi Asih Serang Banten. Sakit yang pertama kali gejala-gejalanya muntah-muntah, berak-berak, kulitnya kemerahan nafas agak tersengal. Diagnosa akhir ternyata alergi susu sapi mulai saat itu akhirnya susu formula yang biasa diminum diganti dengan susu kedelai (soya). Sempat pula dicoba susu rendah laktosa bahkan bebas laktosa tapi tetap tidak berpengaruh, jadinya tetap mengkonsumsi susu kedelai. Walaupun sakit anakku dapat sembuh ternyata kekebalan tubuhnya sangat rendah, hingga terkena angin sedikitpun akan mudah terserang flu/pilek/batuk.

Sakit yang ketiga awal mulanya aku masih ingat betul, waktu itu tanggal 02 Januari 2008 yang bertepatan dengan ultahku. Hujan turun deras sejak pukul 02 dini hari dan puncaknya sekitar jam 05 pagi, air yang sebelumnya menggenang di jalan depan rumah mulai masuk rumah. Delapan belas hari kemudian, pagi hari sekitar jam 06 anakku suhu badannya tinggi hingga 40 derajat celcius dan mulai kejang. Aku sempat kebingungan pada awalnya hingga nggak tahu harus berbuat apa. Yang ada hanya perasaan cemas dan kalut, untung aku ingat kalau anak mengalami kejang maka kita harus mencegah anak menggigit lidahnya sendiri dengan cara menyelipkan benda yang bisa menghalangi giginya menggigit lidahnya sendiri. Waktu itu aku pakai sendok logam bersih yang sudah dilapisi kain bersih pula. Anakku kuraih dan kugendong selanjutnya kubawa lari ke bidan dekat rumah. Namun bidan sudah angkat tangan akhirnya dengan menggunakan mobil bidan anakku diantar ke Rumah Sakit. Menurut diagnosa dokter anakku terkena flu singapura.

Satu lagi yang peristiwa yang melekat dibenakku yaitu ketika anakku dirawat yang ke-8 kalinya. Malam hari bulan Juni 08 suhu udara sangat dingin, suhu badan anakku mulai tinggi lagi 38 derajat Celcius lebih. Tanpa pikir panjang lagi langsung kubawa anakku ke RSUD Serang. Setelah seminggu tanpa ada perubahan bahkan beberapa kali sempat kejang kelihatannya fihak RSUD mulai menyerah dengan alasan fasilitasnya tidak memadai. Dokter menyarankan untuk dirujuk ke RSAB Harapan Kita Jakarta. Di RSAB Harapan Kita (HARKIT) anakku dirawat kurang lebih seminggu lamanya. Alhamdulillah anakku mulai sehat, walaupun penyebab pasti dari sakit anakku belum jelas.

Sekarang anakku, sudah mulai tertarik dengan pensil/ballpoint/spidot/alat tulis pokoknya kalau aku atau istriku lagi pegang alat tulis pasti diminta. Terus "si sayangku" itu mulai latihan corat-coret di tembok (walaupun sebelumnya diberi kertas buat coret-coretan akhirnya balik lagi ke tembok. Memang sejak umur 1 tahun 4 bulanan anakku sudah tertarik "merebut" alat tulis yang aku atau istriku pegang.

Mengingat hal di atas semua aku coba buat blog ini untuk anakku semoga nanti setelah bisa menulis dia akan pandai membuat tulisan yang bermanfaat bagi semua. Dan aku akan kembali menulis juga di tempatku yang lama kutinggalkan.

Share on Google Plus

About TioBudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. link terpasang mas, lucu anaknya. salam buat keluarga :)

    ReplyDelete