Obat Kumur Berkaitan Dengan Peningkatan Resiko Kanker Mulut ??

Seperti diberitakan oleh ABC News :
Ahli gigi memperingatkan bahwa obat kumur dapat menyebabkan kanker mulut dan seharusnya hanya dapat diperoleh dengan resep dokter saja.

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam the Australian Dental Journal telah mengaitkan air kumur yang mengandung alkohol dalam peningkatan risiko penyebaran penyakit yang mematikan.

Alkohol dalam obat kumur diyakini akan menyebabkan kanker compounds yang menyerang lining dari mulut dengan lebih mudah. Penulis review, Michael McCullough, adalah Associate Professor di Oral obat di Melbourne University.

Dia mengatakan dokter gigi perlu menyadari risiko obat kumur. "Jika mereka akan merekomendasikan produk yang mengandung alkohol maka mereka menyarankan sebagai alasan yang baik, untuk waktu singkat," katanya.

"Dengan ini bukti bahwa kami telah meninjau, kami pikir itu tidak dianjurkan bagi mereka (dokter gigi) untuk merekomendasikan hal ini (pemakaian obat kumur) selama jangka waktu yang lama". Dia mengatakan kanker mulut harus menjadi bagian dari setiap pemeriksaan gigi.

"Harusnya jadi bagian dari pemeriksaan reguler, ketika pasien harus mengunjungi dokter gigi mereka secara teratur, pemeriksaan kemungkinan kanker mulut (skrining kanker mulut) juga sebagai bagian dari pemeriksaan keseluruhan mereka yang seharusnya," katanya.

"Sebagian besar dari dokter gigi melakukan itu, kami hanya perlu dokumen dan mengatakan pada pasien mengapa kami melakukannya."

Profesor McCullough mengatakan dia juga prihatin tentang produk obat kumur yang tersedia di supermarket. "Ada produk obat kumur di luar sana yang banyak dianjurkan dokter gigi mengandung alkohol yang tinggi," katanya.

"Kadar yang paling umum adalah di sekitar 26 persen alkohol dalam obat mulut kira-kira sebanyak dua kali dalam anggur dan sedang direkomendasikan sebagai produk untuk digunakan lebih dari satu kali dalam sehari, waktu yang lebih lama untuk memperoleh kebaikan rongga mulut. "

Tetapi Profesor Jim Bishop dari Institut Kanker New South Wales mengatakan bentuk dasar penelitian laporan tidak menentukan tingkat resiko.

Dia mengatakan Institute ingin komisi penelitian meneliti masalah ini dalam.

"Kami tidak tahu seberapa besar tingkat resiko dari orang-orang yang menggunakan obat kumur secara teratur ... mungkin agak rendah atau mungkin tinggi sehingga kita perlu mengetahui tingkat resiko yang diakibatkan," katanya.

Lebih dari 800 warga Australia yang didiagnosis dengan kanker mulut setiap tahun.
Sekitar setengah dari mereka mati dalam waktu lima tahun yang didiagnosis.


Terjemahan bebas oleh : Joko Supriyono


Share on Google Plus

About TioBudi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. @ panda : pengennya sih gigi bersih & mulut segar tp hrs tetap hati2 & nggk berlebihan mas

    ReplyDelete
  2. ooo gitu ya.. makasih yach.. sangat informatif..

    kirain obat kumur tu malah lebih aman dan menyegarkan mulut.

    ReplyDelete
  3. @ budhe fakhrun : sebenarnya semua hal kalo berlebihan juga nggak baik kan budhe.

    ReplyDelete
  4. waduh aku baru tahu nih kang, jadheee bisa bahaya dong....serumah aku pake semuannya.....thanks for sharing ilmu dan informasinya yah kang......

    ReplyDelete
  5. betul kang harry, tapi asal nggk terlalu sering misal sehari sekali atau 2 kali mungkin gpp ya?

    ReplyDelete